Jumat, 16/11/2018, 16:32:26
Poster Jokowi Bermahkota Raja Dikirim dari Jakarta
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Relawan dan pengurus PAC PDIP Kecamatan Bumiayu menunjukkan poster Jokowi berkostum raja yang dianggap bermasalah (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Koordinator pemasangan poster bergambar calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo yang berbusana seperti raja mengaku mendapat kiriman dari Jakarta. Poster dikirim satu paket dengan poster lainnya yang bergambar Jokowi dan KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hal itu diungkapkan Ade Irmanus  Soleh warga Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kepada media, Jumat 16 November 2018. Ade yang juga mengaku sebagai relawan ruang publik, merupakan koordinator pemasangan poster tersebut untuk wilayah Kabupaten Banyumas.

"Saya relawan ruang publik dan koordinator pemasangan atribut poster Jokowi di wilayah Banyumas," katanya.

Menurutnya, dirinya menjadi relawan bermula dengan adanya undangan mengikuti pertemuan di Semarang di sebuah hotel. Pertemuan digelar oleh sebuah organisasi anak muda yang sebelumnya juga telah mendeklarasikan Jokowi Presiden dua periode.

"Saya pada awal November lalu menghadiri pertemuan di hotel Semarang yang juga dihadiri oleh perwakilan dari setiap kabupaten. Pertemuan tersebut diantaranya membahas tentang proyek pemasangan poster kampanye di seluruh daerah," terang Ade.

Dikatakan, pada pertemuan tersebut tidak ada penjelasan tentang materi gambar atau posternya dan material poster juga belum ada. Poster baru dikirim setelahnya, setelah masing-masing koordinator menyerahkan daftar alamatnya.

"Poster dikirim setelahnya dan terdiri dua gambar Jokowi kostum raja dan Jokowi - KH Ma'ruf Amin selamat Maulid Nabi Muhammad SAW," ungkap Ade.

Jumlah poster yang diterima masing-masing daerah berbeda sesuai dengan jumlah desa yang ada. Setiap desa mendapat 10 poster yang terdiri dari lima bergambar Jokowi berkostum dan bermahkota raja dan lima poster bergambar Jokowi - KH Ma'ruf Amin selamat Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Rinciannya tiap desa llima poster gambar Jokowi berkostum raja dan lima poster gambar Jokowi - KH Ma'ruf Amin selamat Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Ade.

Ade sebagai koordinator wilayah Banyumas telah melakukan pemasangan poster. Belakangan poster tersebut bergambar Jokowi berkostum raja bermasalah dan setelah berkoordinasi dengan pengurus PDIP di Banyumas dan juga pihak keamanan, poster ditarik kembali.

"Karena dianggap bermasalah poster bergambar Jokowi berkostum raja saya tarik, sementara yang bergambar Jokowi - KH Ma'ruf Amin ucapkan selamat Maulid Nabi SAW tetap dipasang," tutur Ade.

Poster bergambar Jokowi kostum raja saat ini sebagian ada yang dibawa ke Bumiayu atas permintaan temannya, Yunal dari relawan Pro Joko Widodo (Projo). Ada sekitar seratus lembar poster yang rencananya akan disertahkan ke DPC PDIP Brebes.

"Ya saya setelah mendengar Ade memiliki poster tersebut saya langsung minta contohnya, dan langsung dibawa dari Banyumas," kata Yunal, relawan Projo.

Sementara itu pengamatan PanturaNews.Com di wilayah Bumiayu, tidak ditemukan adanya pemasangan poster Jokowi berkostum raja. Poster yang ada bergambar Jokowi dan KH Ma'ruf Amin selamat Maulid Nabi Muhammad SAW yang diantaranya terpasang di beberapa pohon di pinggir jalan raya.

Sementara itu pula, Pengurus PAC PDIP Kecamatan Bumiayu, Marhendi ketika dikonfirmasi mengaku pemasangan poster bergambar Jokowi dan KH Ma'ruf Amin selamat Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut tanpa ada kordinasi. Pemasangan dilakukan oleh orang lain bukan dari PAC PDIP Bumiayu.

"Kami tidak tahu, tiba-tiba ada gambar itu tanpa koordinasi, jika ada kordinasi tentu akan saya arahkan agar tidak dipasang di pohon," kata Marhendi.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita