Jumat, 09/11/2018, 18:22:32
Jokowi Bagikan 3000 Sertifikat Untuk Warga Tegal
LAPORAN NINO MOEBI

Ribuan warga Kabupaten Tegal menerima sertifikat tanah dari Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Presiden RI, Joko Widodo kembali membagikan 3.000 sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat 09 November 2018. Sebelumnya, pada bulan Januari 2018 lal, Jokowi juga membagikan sertifikat.

Pembagian sertifikat tanah ini merupakan agenda program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Beberapa bulan lalu, Presiden Jokowi juga telah membagikan sertipikat tanah di Kabupaten Tegal, pada bulan Januari 2018 lalu.

Acara pembagian sertifikat tanah diadakan di GOR Indoor Tri Sanja, Slawi, Kabupaten Tegal. Turut hadir Bupati Tegal, Umi Azizah, Sekretaris Daerah Tegal, Joko Widodo Mulyono, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang RI/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI, Sofyan Djalil dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin.

Jokowi mengatakan, dengan memiliki sertifikat tanah itu sama artinya warga sudah mengantongi tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.

"Kalau ada sertifikat kan enak, sudah jelas karena ini adalah tanda bukti hukum," ucap Jokowi.

Bahwa pada target Tahun 2023, semua tanah masyarakat Kabupaten Tegal sudah bersertipikat. "Insya Allah tahun depan 60.000 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Tegal," tegasnya.

Kepada penerima sertifikat, Jokowi berpesan agar bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan sertipikat tanah ini. Jokowi berharap masyarakat menggunakan sertifikat untuk keperluan yang positif, seperti investasi, modal usaha maupun modal kerja.

"Tetapi sebelum pinjam ke bank, tolong untuk dikalkulasi serta dihitung terlebih dahulu. Hitung dengan benar kemampuan untuk mengangsur cicilannya," pesan Jokowi.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Djalil berharap dengan penerbitan sertifikat tanah ini bisa menimbulkan dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Tegal, utamanya dalam bidang perekonomian masyarakat.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin menjelaskan program percepatan sertifikat tanah untuk masyarakat ini, mempunyai dampak yang luar biasa. Terlihat dari munculnya usaha-usaha baru masyarakat daerah di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu penerima sertifikat tanah, Sri Rahayu, warga Desa Wangandawa, mengaku senang akan hadirnya program sertifikat tanah ini. Rencananya, dengan sertifikat tanah yang sudah diberikan oleh pemerintah, Rahayu akan membuka usaha kecil-kecilan demi meningkatkan taraf hidupnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita