Kamis, 08/11/2018, 13:25:41
Terbitkan Buku untuk Tumbuhkan Budaya Literasi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Endarti SPd (kiri) guru mapel Bhs dan Satera Indonesia pembimbing siswa untuk sastra dan karyatulis, serahkan buku antologi puisi kepada Kepala SMAN 1 Sirapog, Yuniarso Amirudin SPd MSi (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - SMAN 1 Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar talkshow dan peluncuran buku antologi puisi "Kunang-Kunang Satu Cahaya", Kamis 08 November 2018. Buku tersebut merupakan kumpulan 100 puisi karya para siswa SMAN 1 Sirampog.

Kepala SMAN 1 Sirampog, Yuniarso Amirudin SPd MSi mengatakan, penerbitan antologi puisi "Kunang-Kunang Satu Cahaya" sebagai upaya menumbuhkan semangat literasi pada siswa-siswinya dengan membudayakan membaca dan menulis. Meningkatkan budaya literasi melalui membaca dan menulis agar siswa mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan serta keterampilan menghadapi tantangan kehidupan.

"Jangan sampai para siswa sebatas membaca buku-buku pelajaran sehingga terfokus kepada akademik," kata kepala SMAN 1 Sirampog yang akrab dipanggil Didin ini.

Menurutnya, gerakan litarasi sekolah akan menumbuhkan budaya membaca non buku pelajaran. Dengan membaca buku akan menambah wawasan, pencerahan, sekaligus mengurangi jam anak untuk melakukan hal-hal kurang manfaat.

"Menumbuhkan budaya baca ini, dari buku-buku yang ringan bisa baca buku cerita atau fiksi, kisah sukses seseorang, kisah nabi, dan lain-lain," katanya.

Dikatakan, penerbitan buku antologi juga untuk mendorong siswa berkarya melalui tulisan dan tulisan tersebut dapat nikmati oleh siswa lainnya. Selain antologi puisi, dalam waktu dekat pula akan diterbitkan buku cerita pendek (cerpen) karya dari siswa-siswi SMAN 1 Sirampog.

"Tidak lama lagi, cerpen dari para siswa akan kita terbitkan pula," kata Didin disambut tepuk tangan para siswa yang hadir mengikuti kegitan talkshow dalam rangka HUT ke-10 sekolah tersebut.

Hadir sebagai pemateri dan meberikan semangat untuk menulis sastrawan muda produktif, Dimas Indiana Senja yang memberikan kiat-kiat untuk menjadi penulis. Menurutnya, membaca dan menulis akan meningkatkan kepekaan dan menghaluskan budi pekerti.

"Ingat ya, membaca dan menulis itu akan membuat kita lebih peka dan tentunya juga akan menghaluskan budi pekerti kita," katanya.

Secara sederhana Dimas memberikan tips mudah dalam memulai menulis, dengan menulis apa yang dirasakan. Pengalaman yang dirasakan dan apa yang dilihat atau dirasakan dapat ditulis dalam bentuk puisi ataupun karya tulis lainnya.

"Apa yang dirasakan ditulis saja dan itu tentu sangat mudah," ucap Dimas memberi semangat.

Dimas juga menyarankan, agar banyak membaca buku untuk dapat memperkaya perbendaharaan kata. Membac buku juga tidak cukup sekali, bisa berkali-kali untuk dapat memahami isinya.

"Banyak-banyaklah membaca buku, nanti akan mudah dalam menulis," ucap Dimas.

Dalam rangka HUT ke-10 SMAN 1 Sirampog juga digelar serangkaian kegiatan lomba, diantaranya bolavoly, sepak takraw dan juga jalan sehat yang juga diikuti oleh masyarakat umum. Jalan sehat yang akan dilaksanakan pada Minggu 11 November 2018 mendatang akan memberikan hadiah doorpriz bagi peserta yang beruntung. Hadiah diantaranya ada mesin cuci, dispenser, sepeda, kipas angin dan lainnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita