Rabu, 07/11/2018, 16:02:49
Pembangunan Jembatan Bulu Tutup Jalan Kabupaten
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Alat berat jenis backhoe nampak digunakan untuk pekerjaan pembangunan jembatan Sungai Bulu di Desa Langkap (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Jalan kabupaten ruas Bumiayu-Cilibur Kecamatan Bumiayu Kabuapten Brebes, Jawa Tengah, ditutup toal untuk semua kendaraan. Penutupan dilakukan untuk mempermudah pembangunan jembatan yang sebelumnya telah putus dan rusak.

"Jembatan darurat tidak mungkin lagi dilewati karena berbahaya dan saat ini juga sedang dilakukan pembangunan jembatan," ujar Kepala Desa Langkap, Mustolih kepada PanturaNews.Com, Kamis 07 November 2018.

Penutupan jembatan semuala hanya untuk kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua masih dapat lewat. Belakangan kondisi jembatan darurat makin memprihatinkan sehingga ditutup untuk semua kendaraan.

"Hanya pejalan kaki yang bisa lewat, untuk kendaraan dialihkan ke jalur Karangpucung, Adisana baik dari arah Bumiayu, maupun dari arah Cilibur," kata Mustolih.

Saat ini sedang dilakukan pekerjaan pembangunan jembatan Bulu yang akan menghabiskan anggaran lebih dari Rp 957 juta. Pembangunan dilmulai sejak 15 Oktober 2018 dan ditarget selesai pada pertengahn Desember 2018 mendatang. Sebuah alat berat jenis backhoe juga digunakan untuk pekerjaan pembangunan jembatan yang lokasinya di depan Balai Desa Langkap tersebut.

Pengawas pekerjaan jembatan Bulu, Siswanto ST mengatakan, pekerjaan pembanguna jembatan diantaranya meliputi pekerjaan pembuatan turap, groundsill dan jembatan. Jembatan sendiri nantinya selebar enam meter dan panjang 10 meter dengan kontruksi beton dan bentang WF.

"Nantinya jembatan akan lebih lebar dan panjang dari sebelumnya," ujarnya.

Perlu diketahui, sebelumnya jembatan Sungai Bulu, ambrol bagian oprit dan kedua pondasinya, April 2018 lalu. jembatan lebar 3,5 meter dan panjang enam meter itu ditutup untuk semua jenis kendaraan karena sangat membahayakan.

Dikhawatirkan akan terjadi getaran jika dilintasi kendaraan dan akan mencelakakan pengguna jalan. Jalan tersebut merupakan penghubung utama menuju Desa Langkap dan Desa Cilibur di Kecamatan Paguyangan.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita