Senin, 05/11/2018, 20:14:47
6 Kecamatan Disetujui Jadi Daerah Otonom Baru
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Pengurus Presidium Pemekaran dan warga aksi sujud syukur di ruang rapat paripurna DPRD (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhirnya menyetujui enam kecamatan di wilayah Brebes bagian selatan menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) dalam rapat paripurna DPRD setempat, Senin 5 November 2018.

Adanya persetujuan enam kecamatan di wilayah Brebes selatan menjadi daerah otonom baru itu, membuat pengurus Presidium Pemekaran dan sejumlah warga dari wilayah Kabupaten Brebes selatan, melakukan aksi sujud syukur di ruang rapat paripurna DPRD.

Enam kecamatan yang menjadi DOB bernama Kabupaten Brebes Selatan, yakni Kecamatan Bumiayu, Kecamatan Tonjong, Kecamatan Salem, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Sirampog, dan Kecamatan Paguyangan.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Brebes, Illia Amin dan dihadiri oleh 32 anggota dewan itu, semua fraksi menyetujui adanya wilayah Brebes selatan menjadi DOB.

"Hari ini Bupati dan DPRD telah merespon keinginan lama yang luhur masyarakat Brebes Selatan untuk memenuhi PP 78, tentang persyaratan pembentukan DOB," ujar Ketua DPRD Brebes, Illia Amin usai rapat paripurna.

Dalam kesemapatan itu, Illia Amin mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Brebes selatan yang selama ini sudah mengawal bersama terkait proses DOB.

"Mari mulai hari ini, kita bersatu dan bersama memperjuangkan misi yang suci ini demi kemaslahatan umat Brebes selatan," kata Illia Amin.

Setelah penandatanganan, lanjut Illia Amin, dokumen persetujuan pemekaran itu langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Brebes, Narjo, kemudian akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah.

"Jadi tahapanya hasil persetujuan bersama ini disampaikan ke Gubernur, untuk kemudian diparipurnakan di DPRD Provinsi sebelum disampaikan ke pusat," terang Illia Amin.

Wakil Bupati Brebes, Narjo, mengatakan persetujuan DPRD itu merupakan bagian dari tahapan atau prosedur dalam proses pemekaran suatu wilayah dalam hal ini Brebes Selatan.

“Kami ucapkan terimakasih atas persetujuan pemekaran ini sudah resmi disetujui oleh DPRD. Memang tahapan awal ini sebagai tahapan menuju pemekaran Brebes Selatan," tutur Narjo.

Sementara itu, perwakilan Tim Presidum Pemakaran Kabupaten Brebes Selatan, drg Rozikin mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Brebes dan masyarakat Brebes selatan yang berjuang untuk menuju daerah otonom baru.

Persetujuan DPRD terhadap pemekaran Brebes Selatan itu sebagai langkah awal di tingkat kabupaten dan nantinya harus dikawal untuk proses di tingkat provinsi dan pusat.

“Kami berterimakasih kepada Pemkab Brebes dan DPRD yang telah memberi dukungan melalui persetujuan ini. Setelah ini kami akan kawal perjuangan pemekaran ini di provinsi dan pusat,” pungkas Rozikin.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita