Senin, 05/11/2018, 17:03:51
Pemkab dan DPRD Setuju CDOB Brebes Selatan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sejumlah pegiat pemekaran melakukan sujud syukur setelah rapat paripurna DPRD Kabupaten Brebes, menetapkan dan mengesahkan persetujuan bersama pembentukan CDOB Brebes Selatan (Foto: Dok. AI)

PanturaNews (Brebes) - Rapat paripurna DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), menetapkan dan mengesahkan persetujuan bersama pembentukan calon daerah otonomi baru (CDOB) Brebes Selatan, pada Senin 05 November 2018.

Pengurus Presidium Agus Sutrisno mengatakan, persetujuan bersama Bupati dan DPRD Brebes merupakan entri poin bagi perjuangan pembentukan CDOB Brebes Selatan. Adanya persetujuan bersama Bupati dan DPRD tersebut akan ditindaklanjuti usulan pembentukan CDOB Brebes Selatan ke pemerintah provinsi Jateng.

"Selanjutnya akan dilanjutkan dengan usulan ke Provinsi," ujarnya kepada media.

Adanya persetujuan tersebut maka Presedium optimistis tahapan pemekaran di provinsi tidak akan menemui kendala yang berarti. Namun begitu semua pejuang dan pegiat pemekaran harus tetap menjaga semangat dan kekompakan.

"Kita harus tetap kompak dan bersatu untuk keberhasilan perjuangan pemekaran ini," kata Agus.

Perlu diketahui, persetujuan bersama bupati dan DPRD Brebes tentang pembentukan CDOB di Kabupaten Brebes meliputi nama calon kabupaten Brebes Selatan, lokasi calon ibu kota Bumiayu, pelepasan enam kecamatan yakni, Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Bumiayu, Sirampog, dan Tonjong.

Juga persetujuan pemberian hibah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan calon kabupaten untuk jangka waktu paling kurang dua tahun berturut-turut, terhitung sejak peresmian sebagai daerah otonom dan persetujuan pemberian dukungan dana, dalam rangka membiayai penyelenggaraan pemilihan kepala daerah untuk pertama kali di daerah otonom baru.

Adanya persetujuan bersama pembentukan calon daerah otonomi baru (CDOB) Brebes Selatan tersebut disambut oleh masyarakat Brebes Selatan yang ikut dan menyaksikan jalaan rapat paripurna dengan sujud syukur.

"Alhamdulillah. Pemerintah kabupaten Brebes akhirnya menyetujui pembentukan CDOB Brebes Selatan," kata Masrukhi salah satu pegiat pemekaran.

Penetapan persetujuan bersama harus disyukuri setelah sekian puluh tahun diperjuangkan oleh masyarakat di enam kecamatan di bagian selatan Kabupaten Brebes.

"Kami memberikan apresiasi tinggi kepada pemkab dan DPRD Brebes," kata Masrukhi.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita