Senin, 05/11/2018, 16:04:31
Rest Area Non Profit Oriented Bakal Dibangun di Jateng
Laporan Tim PanturaNews

Ganjar saat menerima Presiden Direktur Astra Properti di rumah dinas Puri Gedeh (Foto: Dok)

PanturaNews (Semarang) - Jawa Tengah bakal memiliki rest area non profit oriented pertama di Indonesia yang akan dibangun di ruas tol Semarang - Solo KM 49 dengan nama Pendopo 49. Seluruh isiannya akan dipenuhi UMKM di Jawa Tengah dari kuliner hingga kerajinan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan rest area berkonsep non profit oriented itu, diharapkan menjadi penyeimbang pembangunan yang gencar dilakukan pemerintah, khususnya pembangunan jalan tol sehingga semakin menghidupkan UMKM di Jawa Tengah.

"Bikin hal lain di jalan tol. Social entrepreneur, pemberdayaan UMKM non profit oriented, sebagai pintu masuk menikmati kearifan lokal, kerajinan, kuliner dan alam Jawa Tengah. Jadi ini etalase bagi UMKM Jateng," kata Ganjar saat menerima Presiden Direktur Astra Properti, Paulus Bambang di rumah dinas Puri Gedeh, Senin 05 Nopember 2018.

Terkait social entrepreneur, Ganjar mengatakan orientasi pembangunan rest area ini tidak melulu berorientasi keuntungan. Namun penyediaan tempat bagi masyarakat untuk menunjukkan kekayaan Jawa Tengah, baik itu kerajinan, kuliner, kesenian maupun alam Jawa Tengah. Jadi anggapan pembangunan tol itu mematikan usaha masyarakat, bisa dibantah.

Maka pembangunan yang didesain dengan luas lahan mencapai 10 hektar itu, selain jadi tempat istirahat juga tidak menutup kemungkinan akan jadi destinasi baru yang benar-benar sebagai gambaran Jawa Tengah yang diusung dengan desain modern.

"Seperti di bandara, gabungan dari berbagai ahli, dari seniman sampai arsitektur yang memasukkan Jawa Tengah di bandara Ahmad Yani yang membuat saya tidak bisa komentar," katanya.

Untuk isian rest area itu, Ganjar menekankan harus diisi produk asli Jawa Tengah. Dari kerajinan, kuliner sampai keseniannya. Namun harus menggunakan sistem modern. "Agar UMKM bisa jalan haru kita seleksi. Dua tahun pertama tidak ada produk asing. Harga jangan ngeprok, bilang jualannya jangan caramu, tapi cara kita. Kualitas bagus harga terjangkau dan semua harus enak," katanya.

Rest area di jalan tol Semarang - Solo KM 49 tersebut bakal diberi nama Pendopo 49, dan diinisiasi oleh Astra Properti. Presiden Direktur Astra Properti Paulus Bambang menjelaskan ada tiga hal yang jadi andalan Pendopo 49 sehingga layak disebut terindah.

"Memberdayakan produk Jawa Tengah lewat UMKM-nya, desain yang futuristik dan connecting area," katanya.

Kepada Ganjar, Bambang menampilkan desain serta konsep yang bakal diterapkan di Pendopo 49. Dengan fasilitas lengkap ditunjang desain serta pemandangan yang indah, beragam kuliner dan kerajinan khas Jawa Tengah, Bambang berharap Pendopo 49 ini akan jadi ikon barunya Jawa Tengah.

Bahkan di rest area itu bakal dibangun pula panggung terbuka untuk pertunjukan kesenian. Pendopo 49 ini ditarget rampung maksimal dalam 26 bulan ke depan. "Konsep pembangunan rest area seperti ini baru kali pertama di Indonesia. Dan saya harap ini jadi jawaban atas tantangan dari pak Ganjar," katanya.

Desain unggulan Pendopo 49 itu antara lain bakal ada 5 pendopo sebagai gambaran lima gunung di Jawa Tengah. Wahana permainan anak, parkir yang luas, connecting area, tempat ibadah dan wisata kuliner serta kerajinan.

"Karena ini yang pertama, harapannya akan jadi percontohan di tempat lain," katanya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita