Kamis, 01/11/2018, 15:55:38
SMAN 1 Bumiayu Galakkan Leterasi pada Siswanya
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Siswa-siswa SMAN 1 Bumiayu melakukan baca koran secara serempak untuk meningkatkan budaya literasi (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - SMAN 1 Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, membuat gebrakan baru untuk mengajak siswa-siswanya gemar membaca. Yakni melalui pengembangan budaya literasi.

Bertepatan dengan kegiatan HUT ke 38 SMAN 1 Bumiayu secara serempak melakukan aksi baca koran pada Kamis 01 November 2018. Selain kegiatan membaca, siswa juga diajak untuk dapat memahami bacaan dan mengungkapkan ide serta gagasan secara cerdas.

"Hasil survey dunia, katanya budaya literasi masyarakat Indonesia tertinggal 45 tahun, maka kami mengajak siswa untuk mengejar ketertinggalan itu," kata Kepala SMAN 1 Bumiayu, H Samsul Maarif MPd.

Menurutnya, siswa harus dibiasakan rajin membaca dan menulis sejak dini. Di sekolah misalnya sebelum kelas dimulai dan waktu istirahat, para siswa diwajibkan untuk membaca selama 15 menit, termasuk juga kegiatan tadarus Al Quran.

"Dengan cara itu secara perlahan diharapkan anak-anak akan terbiasa dengan buku bacan," kata Samsul.

Dikatakan, untuk menumbuhkan budaya literasi pula di setiap kelas ada perpustakaan dan minimal ada buku sejumlah siswa di kelas itu dengan judul yang berbeda. Sehingga minimal satu siswa telah membaca sebanyak jumlah siswa yang ada.

"Kalau dalam kelas itu ada 35 siswa berarti satu siswa minimal telah membaca 35 judul buku dalam setahun," ungkap Samsul.

Dalam rangka HUT ke 38 SMAN 1 Bumiayu pula digelar serangkai kegiatan selama beberapa hari. Diantaranya pemeran karya seni para siswa, pameran kewirausahaan, lomba membuat taman untuk keindahan dan keasrian sekolah serta lainnya.

"Rangkaian lomba dalam HUT ini selama beberapa hari dan puncaknya nanti pada Senin 05 November mendatang," pungkas Samsul.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita