Kamis, 25/10/2018, 17:45:36
Umah Gula Jawa Sajikan Masakan Khas Bumiayu
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pengunjung sedang menikmati masakan khas Bumiayu di Umah Gula Jawa (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Umah Gula Jawa, sebuah rumah makan dengan nuansa warna coklat berdiri megah di jalan raya Talok Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Letaknya agak masuk, tepatnya di komplek perumahan Griya Talok Permai.

Berbeda dengan rumah makan umumnya di Bumiayu, rumah makan ini menyajikan masakan tradisional khas Bumiayu. Seperti opak petis, sogol, urab, kupat tahu, cimplung kelapa dan cimplung ubi.

Untuk minuman ada es kunyit asa, serbat, bajigur. Jajanan juga ada diantaranya ongol-ongol ondol dan olah jajanan tradisonal lainnya.

"Umah Gula Jawa ini memang menyajikan masakan tradisional yang khas Bumiayu," ujar Rio Handoko, sang pemilik kepada PanturaNews.Com, Kamis 25 Oktober 2018.

Meski makanan tradisonal tapi dikemas dengan gaya modern, sehingga cukup menarik dan tentunya mengundang selera. Umah Gula Jawa juga menyediakan ruang untuk pertemuan atau kegiatan rapat dengn ukuran yang cukup luas dan memadai.

"Di sini juga kami sediakan tempat rapat da ruangan yang cukup untuk kegiatan pertemuan atau lainnya," kata Rio.

Konsepnya, Umah Gula Jawa ini ingin mengajak pengunjung untuk bernostalgia dengan masakan tradisonal Bumiayu. Pasalnya, saat ini makanan yang sangat populer ini terkadang sulit didapat di rumah makan yang ada di Bumiayu.

"Makanan khas sebenarnya populer tapi tidak banyak tersedia di rumah makan yang ada di Bumiayu," ungkap Handoko.

Selain itu Umah Gula Jawa juga ingin mengajak kalang muda, mengenal dan melestarikan masakan khas Bumiayu. Karenanya, meski masakan tradisional tetap dikemas dengan cara modern.

"Kalangan muda yang kekinian biasanya lebih tertarik dengan gaya modern, dan itu dapat ditemui di Umah Gula Jawa," ucap Rio.

Untuk itu, tersedia juga makana stik ayam dan olahan kentang yang dapat dinikmati secara lesehan. Bagi yang ingin duduk di kursi juga ada di Umah Gula Jawa.

Bagi yang suka sekedar tongkrongan dan santai, Umah Gula Jawa juga menyediakan minuman teh dan kopi. Untuk minuma kopi Umah Gula Jawa punya andalan yakni Kopi Watu Kunti. Kopi lokal asal Sirampog yang rasanya nikmat dan cocok dengan selera masyarakat Bumiayu.

"Selain kopiwatu kunti yang khas juga tersedia bajigur yang khas Bumiayu juga," pungkas Rio.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita