Rabu, 03/10/2018, 00:11:05
Adu Argumen Usai Sidang Putusan Sengketa Pemilu
LAPORAN NINO MOEBI

Sidang Putusan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu antara Nasdem dengan KPU (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Sidang Putusan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu antara pemohon DPD Partai Nasdem Kota Tegal, Jawa Tengah, dengan termohon KPU Kota Tegal dimoderatori Bawaslu yang digelar di Gedung Bawaslu Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal, Selasa 02 Oktober 2018 sore diwarnai saling adu argumen usai sidang.

Sidang yang berjalan sekitar 1 jam dimoderatori oleh Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto, Nurbaeni dan Wiwoho Kertarto. Dari pihak termohon (KPU), Agus Wijanarko, Arisandi Kurniawan dan Elvi Yuniarni serta duduk dari pihak pemohon Ketua DPD Nasdem Kota Tegal, Tanty Prasetyoningrum.

Dalam sidang Bawaslu Kota Tegal memutuskan, memerintahkan kepada para pihak untuk melaksanakan isi kesepakatan sebagaiman yang tertuang dalam berita acara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. Memerintahkan kepada KPU Kota Tegal untuk melaksanakan keputusan paling lambat tiga hari kerja sejak keputusan dibacakan. Diputuskan dalam Rapat Pleno Bawaslu Kota Tegal, Selasa 02 Oktober 2018.

Usai Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto mengetuk palu tiga kali pertanda sidang selesai. Adu argumen terjadi.

Pada argumennya, Agus Wijanarko menyampaikan, keputusan ini masih belum tuntas. Kalau mengacu pada Surat Edaran (SE) dari KPU RI bunyinya diserahkan kepada Bawaslu, KPU minta ketegasan dari Bawaslu apakah KPU bisa memproses dokumen punya Nasdem agar KPU tidak dikenai sangsi.

"Sebenarnya sudah jelas, bahwa KPU Kota Tegal, akan mengesahkan dan menindaklanjuti setelah adanya Surat Edaran (SE). Terlepas SE-nya itu kontra atau sejalan berbanding lurus itu, harus ditindaklanjuti oleh KPU," jawab Ketua Bawaslu Akbar.

Sedangkan komisioner KPU Kota Tegal, Elvi Yuniarni menambahkan, sebetulnya arahan dari KPU RI, pihaknya melaksanakan penerimaan dulu seperti kemarin, belum ada proses ke Bawaslu kalau sesuai SE tersebut tetapi, karena KPU Kota Tegal sudah mengarahkan ke pemohon untuk segera penyelesaiannya dibawa ke Bawaslu itu sudah mendahului, ini lebih pinter dari KPU RI-nya.

"Sebetulnya perintahnya ke Bawaslu itu setelah SE ini, kami juga membawa berita acara hasil dari SE yang diseluruh Indonesia baru diserahkan ke Bawaslu untuk diproses. Tetapi berhubung kami sudah mendahului dengan bekal berita acara yang pada substansinya sebetulnya sama dengan SE," tutur Elvi

Proses menindaklanjuti sebetulnya sudah ada proses penerimaan dokumen, makna dari pengesahan kalau menurutnya adalah pengesahan dari berita acara karena kemarin belum sampai ke berita acara pleno KPU. Mungkin yang maksud  Bawaslu seperti itu.

Sementara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Tegal, Tanty Prasetyoningrum menyampaikan, bahwa pihaknya optimis DPD Nasdem Kota Tegal bisa ikut di Pemilihan Legislatif 2019 nanti dengan bukti bukti yang mendukung dan kuat.

Usai sidang Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto menyampaikan, Pengurus DPD Nasdem Kota Tegal, pada saat batas akhir penyerahan berkas Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) hadir di KPU pukul 17.55.

Sesuai dengan kesepakatan mereka asal tidak melanggar peraturan perundang undangan, itu sudah ada pintu masuk bahwa Nasdem masuk dan absen sebelum  pukul 18.00 dan membawa rekening, hanya saja Nasdem saat itu tidak membawa dokumen lengkap.

"Sesuai dengan PKPU kan ada proses perbaikan selama lima hari, dan selama waktu lima hari itu kan pihak Nasdem sudah melengkapi dokumen," tambah Akbar.

Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijanarko menuturkan, hasil ini nanti KPU akan melakukan rapat pleno. KPU Kota Tegal akan konsultasikan ke KPU Propinsi Jawa Tengah. Kalau KPU Propinsi masih kurang, nanti konsultasikan ke KPU RI.

"Kita diberi waktu 3 hari untuk pikir-pikir, karena hasil keputusannya tadi KPU kan disuruh menerima tapi kan cuma terlambat saja. Dari KPU akan berpegangan pada keputusan Bawaslu hari ini, dan berpegangan pada Surat Edaran dari KPU RI juga," pungkas Agus.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita