Selasa, 02/10/2018, 22:36:22
Penduduk Miskin Nasional Berkurang 5,95 juta Jiwa
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Rakor penanggulangan kemiskinan Tahun 2018 di Gedung KORPRI Brebes (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Staf Unit Advokasi Daerah Sekertariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat, Neng Siti Saidah mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk miskin nasional berkurang 5,95 juta jiwa.

Tingkat kemiskinan dan jumlah penduduk miskin Nasional pada 2017 sebesar 26,58 Juta jiwa atau 10,12 persen sedangkan tahun 2009 mencapai 32,53 juta jiwa atau 14,15 persen. Yang artinya selama 7 tahun penduduk miskin berkurang sebesar 5,95 juta jiwa, ujar Neng Siti Saidah saat mengisi pemaparan pada rapat koordinasi (rakor) penanggulangan kemiskinan Tahun 2018, di Gedung KORPRI jalan MT Haryono Brebes, Selasa 2 Oktober 2018.

Menurutnya, penurunan angka kemiskinan tersebut karena seluruh komponen masyarakat saling peduli dan bekerja bersama untuk menanggulanginya. Sebagaimana Kabupaten Brebes, berdasarkan strategi dan program percepatan penanggulangan kemiskinan sesuai Perpres RI No.15 tahun 2010, Perpres RI No.166 Tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Brebes telah melakukan beberapa upaya percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Dirinya mengaku bangga karena terjalin sinergi kegiatan SKPD terkait, seperti  gerakan kembali bersekolah, jamkesda, perbaikan rtlh, perbaikan jamban sehat, santunan kematian, serta bantuan modal usaha untuk rumah tangga miskin. Semua kegiatan tersebut bermuara pada upaya mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Brebes.

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH yang juga ketua Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) mengatakan, penanggulangan kemiskinan merupakan tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan secara bersama sama. Oleh karena itu melalui rapat kordinasi semacam ini diharapkan akan terbentuk kordinasi yang baik yang dapat merumuskan jalan terbaik untuk permasalahan yang sangat penting.

Bukan hanya Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda saja, tapi semua OPD harus mempunyai program kegiatan yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di Kabupaten Brebes, sehingga kedepan jumlah kemiskinan dapat semakin berkurang ucap Narjo

Sementara itu Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Kabupaten Brebes Ratnawati  menyampaikan, berdasarkan data BPS, Kemiskinan di Kabupaten Brebes tahun 2017 sebesar 343.460 juta jiwa atau 19,14 persen.

Rakor bertujuan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan yang ada di OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes. Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, kepala SKPD serta pemangku Kepentingan terkait lainya turut hadir dalam rakor tersebut.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita