Kamis, 13/09/2018, 14:47:12
DPD RI Dukung Brebes Segera Dimekarkan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pegiat pemekaran Kabupaten Brebes foto bersama dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ahmad Muqowam usai melakukan diskusi bersama (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ahmad Muqowam mendukung daerah yang mengajukan menjadi daerah otonomi baru (DOB), selama memenuhi persyaratan yang diatur dalam UU terkait. Hal itu diungkapkan saat hadir pada diskusi dengan pegiat pemekaran di Warung Sate Nur Soleh Muncang Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 12 September 2018.

"Pemekaran daerah akan memperpendek rentang kendali dan mendekatkan pelayanan publik pemerintah," katanya.

Menurutnya, Kabupaten Brebes sangat layak untuk dimekarkan segera, mengingat sudah ada hasil kajian tim Undip yang menyatakan enam kecamatan di wilayah selatan layak menjadi DOB.

"Saya sangat mendukung enam kecamatan di selatan Brebes ini segera menjadi kabupaten tersendiri," Muqowam.

Dikatakan, untuk mewujudkan pemekaran Kabupaten Brebes, para pegiat pemekaran agar memanfaatkan tahun politik untuk mendapatkan dukungan dari para wakil rakyat, agar mewujudkan pemekaran.

"Harus membuat kontrak politik memperjuangkan pemekaran, siapa pun yang ingin mendapatkan suara di Brebes selatan ini," terang Muqowam.

Sementara itu pada diskusi tersebut mengemuka, bahwa dokumen usulan pemekaran yang saat ini telah sampai di Pemerintah Provinsi masih belum lengkap.

"Saat bertemu dengan pak Ganjar Pranowo terkait usulan pemekaran, kami diminta untuk memenuhi berkas yang masih kurang," kata M Sobir pegiat pemekaran yang hadir dalam diskusi itu.

Berkas dokumen yang kurang tersebut adalah keputusan bupati induk tentang persetujuan sesuai penjelasan Pasal 5 Ayat 2 huruf b dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2007. Berkas tersebut harus dilengkapi oleh Bupati dan DPRD Brebes.

"Pegiat pemekaran akan mendesak agar Bupati dan DPRD Brebes melengkapi persyaratan yang masih kurang tersebut," kata Sobir.

Diskusi pemekaran dengan Ahmad Muqowam dihadiri para pegiat pemekaran diantaranya beberapa Kapala Desa dan juga elamen masyarakat, seperti tokoh pemuda dan lainnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita