Selasa, 11/09/2018, 16:04:05
Bawaslu Temukan 187 Pemilih Ganda di DPT Pemilu
LAPORAN NINO MOEBI

Ilustrasi

PanturaNews (Tegal) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, lakukan pencermatan ulang terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Sebab, berdasarkan hasil pencermatan Bawaslu, ditemukan data pemilih ganda.

Ketua Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto menyampaikan, melalui Berita Acara Pencermatan DPT Pemilu 2019 Nomor 02/Bawaslu-Prov.JT/VIII/2018, pihaknya mencatat ada sebanyak 187 pemilih ganda yang terbagi menjadi dua.

Yakni, 126 pemilih berstatus ganda identik meliputi kesamaan nama, NIK, Nomor KK, alamat, dan lainnya. Sedangkan, 61 pemilih lainnya nomor NIK invalid atau kesamaan NIK pada lebih dari dua orang.

"Dari temuan tersebut, kami merekomendasikan KPU untuk melakukan perbaikan DPT Pemilu 2019," tutur Akbar.

Melalui rekomendasi resmi tersebut, kata Akbar, pihaknya juga sudah melaksanakan Perbawaslu 24/2018 tentang Pengawasan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilu.

Menurutnya, rekomendasi Perbaikan DPT Pemilu 2019 juga diatur dalam UU 7/2017 tentang Pemilu, PKPU 11/2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilu.

Sementara Komisioner KPU Kota Tegal, Thomas Budiono menanggapi temuan Bawaslu tersebut, pihaknya akan menindaklanjuti temuan data ganda yang masih tercantum dalam DPT.

Selain itu, KPU juga akan melakukan pencermatan lebih lanjut terhadap DPT.

Termasuk, memastikan pemilih baru yang sudah melakukan perekaman KTP-el, namun belum terdaftar dalam DPT bisa masuk dalam DPTb sesuai ketentuan.

"Sambil menunggu hasil pencermatan PPK dan PPS, kami segera verifikasi dan validasi terhadap rekomendasi Bawaslu terkait pemilih ganda," tandas Thomas.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita