Minggu, 09/09/2018, 00:09:49
Terbaik, Brebes Terima Baznas Award 2018
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Abdul Harismenerima Baznas Award 2018 di aula kantor Kementerian Agama RI Jakarta (Foto: Dok)

PanturaNews (Brebes) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes berhasil mendapatkan anugerah Baznas award katergori Pendistribusian Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) terbaik se Indonesia. 

Penghargaan diterima Wakil Ketua Bidang 3 Bagian Sumber Daya Manusia H Abdul Haris SAg pada malam Penganugerahan Baznas Award 2018 di aula kantor Kementerian Agama RI Jl Mh Thamrin Jakarta Pusat, Jumat malam 7 September 2018.

“Alhamdulillah, ternyata kinerja kami mendapat apresiasi dari Baznas Pusat. Setidaknya ini menjadi jawaban bahwa kami bekerja dengan profesional, utamanya dalam menyalurkan zakat, infak dan sedekah sesuai ketentuan syariat,”tutur Abdul Haris usai menerima penghargaan, Sabtu 8 September 2018.

Ia menjelaskan, Baznas Brebes terbukti telah melakukan inovasi dalam pendistribusian, khususnya penyaluran dalam kategori pemberdayaan yang terus digalakkan.

“Yang terpenting dalam penyaluran dana ZIS ini, pemberdayaan masyarakat miskin menjadi salah satu tujuan pokok zakat agar menarik kaum dhuafa keluar dari kemiskinan,” tegasnya.

Ketua Baznas Kabupaten Brebes Dr H Chusnan Zain melalui pelaksana harian H Akrom Jangka Daosat menambahkan, Baznas Brebes akan terus berbenah diri sebagai wujud kontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya dalam pengentasan kemiskinan dan pengembanga dakwah islamiyah.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengaku senang atas pencapaian baznas Brebes yang terpilih sebagai pemenang kategori Baznas kategori pendistribusian Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) terbaik di Indonesia.

Idza berharap kedepan baznas Brebes dapat bekerja lebih baik lagi dan amanah dalam menjaga kepercayaan para muzaki.

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, Anugrah Baznas Award bertujuan untuk memacu kebangkitan zakat di negeri ini.

“Kami memberikan penghargaan kepada pertumbuhan zakat terbaik berdasarkan laporan 2017. Kami ingin memberikan semangat semua stekholder dalam menjalani syariat Islam yakni membayar zakat,” ujarnya.

Selain itu, guna mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silatuhmi antara Baznas dan LAZ, memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

“Harapan kami, Baznas Award yang kami beri tajuk ‘Kuat Karena Zakat’ ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunai perzakatan,” kata Bambang.

Ketua Panitia Baznas Award 2018, Jaja Jaelani, menambahkan, ada beberapa kategori penilaian antara lain, Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik, dan Baznas dan LAZ Terbaik. Hal itu berlaku untuk Baznas dan LAZ pusat atau nasional dan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

“Kemudian untuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kategori Pendukung Kebangkitan Zakat 2018 dinilai berdasarkan kepatuhan pada UU, alokasi anggaran rutin untuk Baznas dalam persentase terhadap belanja APBD, penyediaan kantor Baznas dan sarana pendukung lainnya, frekuensi keterlibatan kepala daerah pada kegiatan Baznas tahun 2017,” kata Jaja.

Selain itu, imbuh dia, ada juga penghargaan untuk Kepala Daerah Terbaik, UPZ Terbaik, Muzaki Badan Terbaik, Muzaki Individu Terbaik, Media Pendukung Kebangkitan Zakat, Tokoh Pendukung Kebangkitan Zakat.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita