Jumat, 10/08/2018, 17:17:54
SMAN 1 Sirampog Punya Masjid yang Megah
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Masjid An Nufus di komplek SMAN 1 Sirampog nampak berdiri megah (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - SMA Negeri 1 Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memiliki masjid yang cukup megah. Masjid An Nufus yang berdiri di kompleks sekolah tersebut diresmikan pada Jumat 10 Agustus 2018.

Kepala SMA Negeri 1 Sirampog Yuniarso Amirudin SPd MSi mengatakan, masjid menjadi bagian dalam mewujudkan pendidikan berkarakter bagi siswa-siswinya. Masjid berfungsi bukan hanya untuk tempat peribadatan semata, melainkan untuk melaksanakan taqwa. Taqwa menurut konsep Islam merupakan predikat tertinggi, karena dia merupakan akumulasi dari iman, Islam dan ihsan.

"Di antara maksud dari pendidikan adalah untuk menjadikan manusia berkarakter dan karakter yang utama adalah karakter taqwa," katanya.

Masjid An Nufus berukuran 10 X 14 meter persegi yang dibangun sejak 2014 dan selesai tahun 2018 ini bertujuan untuk mendukung suksesnya pendidikan karaktet di SMA Negeri Sirampog 1, sehingga siswa tidak hanya memiliki kecerdasan akal tapi juga kecerdasan spiritual dan religius.

"Siswa yang memiliki kecerdasan akal dan spiritual serta taat pada ajaran agama merupakan harapan semua orang terutama wali murid," ujar Didin, begitu panggilan akrabnya.

Masjid An Nufus dibangun menghabiskan anggaran sebesar Rp 362 juta. Dana pembangunan berasal dari jariyah keluarga besar SMA Negeri 1Sirampog, termasuk sumbangan para alumni.

"Kubah yang cukup megah itu juga sumbangan jariyah dari alumni sekolah," ungkap Didin.

Acara peresmian Masjid An Nufus diisi dengan ceramah agama oleh Ustadz Irfan Faridi yang dalam ceramahnya menjelaskan bahwa agama Islam menjadikan masjid sebagai lembaga pendidikan utama.

"Inilah yang dilakukan Rasulullah SAW di masjid Nabawi," katanya.

Kata dia, di Masjid Nabawi tersebut Rasulullah mendidik umat Islam dari segala umur, dewasa, remaja, anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan.

Masjid seharusnya berfungsi kembali sebagai pusat peradaban. Masjid itu berfungsi untuk mendidik anak-anak agar menjadi generasi yang memiliki Akhlakul Karimah.

"Maka ini merupakan kelebihan SMA Negeri Sirampog ini dapat menjadikan masjid sebagai bagian dari proses pendidikan," kata Irfan.

Peresmian Masjid An Nufus ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan beduk serta pemotongan pita oleh Plt Kepala BP2MK Wilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Gunawan Sudarsono SE SH MSi.

"Masjid ini harus selalu penuh saat pelaksanaan ibadah shalat dan juga selalu awal waktu dalam shalat lima waktu," katanya saat sambutan.

Kata dia pula, masjid menjadi tolok ukur kemakmuran masyarakat. Jika masjidnya makmur penuh dengan jamaah, maka masyarakatnya juga akan makmur.

"Maka kalau ingin tahu bagaimana keadaan masyarakat di kampung bisa dilihat dari keadaan masjidnya," kata Sudarsono.

Hadir pada acara peresmian itu selain para siswa dan guru juga pejabat Muspika Sirampog juga para wali murid.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita