Senin, 06/08/2018, 14:09:03
Dewi: RS dan Puskesmas Harus Semakin Bermutu
LAPORAN SL. GAHARU

Dewi Aryani s0sialisasi kesehatan (Atas), dan foto bersama kader-kader PDIP (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Untuk meningkatkan mutu pelayanan pasien dan menjamin keselamatan pasien, maka Rumah Sakit (RS) perlu mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di rumah sakit.

Demikian diungkapkan Anggota DPR RI Komisi 9 Fraksi PDI Perjuangan, DR. Hj. Dewi Aryani, MSi pada sosialisasi bidang kesehatan dengan tema ‘Peningkatan Mutu dan Pelayanan Pasien’ di Gedung Mulya Dana Jalan Wahid Hasyim Kota Tegal, Senin 06 Agustus 2018.

Sosialisasi bidang kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan masa reses DR. Hj. Dewi Aryani, MSi yang berlangsung dari 30 Juli sampai dengan 15 Agustus 2018. Selain sosialisasi, anggota Fraksi PDI Pejuangan ini juga bertemu dengan konstituen maupun menjalin dialog aspirasi dengan warga di Dapil Jawa Tengah 9.

Hadir dalam acara diantaranya adalah Staf Ahli bidang Hukum Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Barlian, SH, M.Kes, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tegal : DR. dr. Suharjo, MM, mewakili Kadis Kesehatan Kota Tegal, perwakilan RSUD dan perwakilan beberapa Puskesmas di Kota Tegal, serta tokoh masyarakat dari empat kecamatan di Kota Tegal.

“Rumah sakit harus meningkatkan mutu pelayanan pasien, dan menjamin keselamatan pasien. Untuk itu maka rumah sakit perlu mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau ke seluruh unit kerja di rumah sakit,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Menurutnya, untuk melaksanakan program tersebut tidaklah mudah, karena memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara kepala bidang/divisi medis, keperawatan, penunjang medis, administrasi, dan lainnya termasuk kepala unit/departemen/instalasi pelayanan.

"Rumah sakit harus menetapkan komite/tim atau bentuk organisasi lainnya untuk mengelola program peningkatan mutu dan keselamatan pasien, agar mekanisme koordinasi pelaksanaan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien dapat berjalan lebih baik. Standar ini menjelaskan pendekatan yang komprehensif untuk peningkatan mutu dan keselamatan pasien yang berdampak pada semua aspek pelayanan," papar DeAr.

Politisi PDI Perjuangan yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), menegaskan bahwa dalam pemerintahan Jokowi-Jk, dimana kesehatan merupakan program Nawacita ke 5, maka diharapkan rumah sakit dan Puskesmas meningkatkan mutu pelayanan maupun peralatan kesehatannya dalam menunjang pelayanan.

“Untuk menunjang pelayanan, rumah sakit dan Puskesmas harus meningkatkan mutu pelayanan maupun peralatan kesehatannya,” tandas DeAr.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita