Senin, 16/04/2018, 04:20:25
Minta Keadilan, Pedagang Pasar Pagi Demo di PN
Laporan Tim PanturaNews

Menuntut keadilan, para pedagang pasar pagi Kota Tegal demo di PN Tegal. (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Ratusan orang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Pagi (PPPP) Kota Tegal, Jawa Tengah, menggelar aksi demo dengan melakukan long march dari Kantor Pengadilan Negeri (PN) Tegal, Jalan Mayjend Sutoyo menuju Balaikota Tegal, Jalan Ki Gede Sebayu Komplek Balai Kota Tegal, Senin 16 April 2018.

Koordinator Lapangan Aksi Demo, Caryono mengatakan, aksi dilakukan menyikapi matinya keadilan untuk rakyat dan lambannya Pemerintah Kota Tegal, dalam menangani kasus Pasar Pagi yang belum kunjung selesai hingga saat ini.

Para pedagang berjalan kaki menuju Pengadilan Negeri Tegal, melakukan orasi bergantian sambil membentangkan beberapa spanduk bertuliskan, ‘Kembalikan Hak Pemerintah Kota dan Pedagang Pasar Pagi’, ‘Lindungi Kami dari Oknum Investor Tamak dan Serakah, ‘Kami Butuh Keadilan’.

Kepala Pengadilan Negeri Tegal, Djoni Witanto, SH, MH menerima perwakikan para pedagang dengan didampingi Kuasa Hukum. Dihadapan Kepala PN Tegal, para pedagang menyampaikan keluhannya meminta keadilan, agar para hakim yang pernah memeriksa perkara kasus Pasar Pagi tidak menyidangkan pada kasus yang sama.

Hal itu karena adanya dugaan oknum hakim PN Tegal yang memutus perkara pedagang Pasar Pagi, tidak berasaskan keadilan dan dari beberapa hakim yang memutus perkara tersebut dengan petimbangan hukum yang hampir identik sama (copy paste) dengan putusan sebelumnya.

Negoisasi di PN Tegal hampir satu jam, akhirnya Ketua PN Tegal, Djoni Witanto menawarkan solusi memediasi kepada pihak yang berkara untuk menempuh jalur damai.

"Nanti akan kami pertemukan antara perwakilan pedagang pasar pagi dengan Aang Gunawan selaku penggugat besama pihak Pemerintah Kota Tegal, untuk duduk bersama cari solusi agar persoalan tersebut bisa selesai dengan damai," tutur Djoni Witanto.

Setelah itu para pendemo akhirnya meninggalkan PN Tegal, dengan mendaftarkan nota keberatan atas putusan PN Tegal sebelumnya.

Selanjutnya aksi dengan pengawalan petugas dari Polres Tegal Kota menuju Pendopo Balaikota Kota Tegal, ditemui Pjs Wali Kota Tegal, Drs Achmad Rofai, MSi didampingi Sekda Kota Tegal, Drs Yuswo Waluyo dan OPD terkait.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita