Sabtu, 14/04/2018, 10:40:22
Jumadi: Batik Tegalan Perlu Sentuhan Kreatif-Inovatif
LAPORAN SL. GAHARU

Jumadi saat berkunjung dan dialog dengan perajin batik Tegalan di Kelurahan Keturen (Foto: Dok)

PanturaNews (Tegal) - Untuk mendongkrak perekonomian warga, sektor usaha kecil harus didorong untuk bangkit dan maju. Salah satunya batik Tegal yang sudah dikenal di seantero Nusantara, perlu sentuhan kreatif dan inovatif agar bisa go internasional.

Dalam programnya, pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supritono, SE, MM dan Muhammad Jumadi, ST, MM (Dedy-Jumadi) yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), akan mendorong usaha kecil dengan memberikan sentuhan kreatif dan inovatif, serta membantu pemasaranya.

“Kita harus memberi sentuhan agar batik Tegal bisa go global,” kata calon Wakil Walikota Tegal, Jumadi setelah berkunjung dan dialoh dengan perajin batik Tegal di Kelurahan Keturen, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, kemarin.

Menurut Jumadi, batik Tegalan punya corak yang unik seperti corak Beras Mawur, Cempaka Mulia, dan Kembang Pacar. Untuk itu, Jumadi akan mendorong perajin batik Tegalan agar lebih maju.

Jadi, kata Jumadi, antara pemerintah daerah Kota Tegal dengan pengrajin harus ada sinergi. Selain itu, rasa bangga mengenakan batik harus menerus digelorakan di masyarakat Kota Tegal.

“Untuk mewujudkannya, perlu upaya masif dan terstruktur. Ada tiga hal bagaimana menjadikan batik semakin berkembang, yaitu bahan baku, packaging dan marketing. Tiga hal itu yang akan menjadikan pembatik berkembang dan memasarkan produknya hingga ke pasar mancanegara,” ungkap Jumadi.

Dijelaskan Jumadi, Sentra Batik Tegalan yang sudah dibangun Pemerintah Kota Tegal di Kelurahan Bandung, Keturen, Kecamatan Tegal Selatan, keberadaannya bisa dioptimalkan. Dengan adanya sentra batik Tegalan ini, merupakan niat baik pemerintah untuk menjadikan batik sebagai salah satu potensi pariwisata.

“Insya Allah dengan sentuhan kreatif dan inovatif dalam pemasaran, batik Tegalan akan semakin dikenal masyarakat luas, dan pamornya bisa bersanding dengan batik daerah tetangga, nasional, bahkan internasional,” tandasnya.

Sementara pada kesempatan itu, perajin batik Tegalan asal Keturen, Surilah, mengharapkan adanya kerjasama antara perajin batik dengan pemerintah, terutama dalam pemasarannya.

“Bantuan permerintah disa dalam bentuk pengadaan seragam sekolah atau kantor, maupun instansi di Kota Tegal yang mewajibkan salah satu harinya mengenakan batik Tegalan,” harap Surilah.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita