Selasa, 10/04/2018, 03:20:48
Semua Harus Komitmen Pada Gerakan Hidup Sehat
LAPORAN SL. GAHARU

Dewi Aryani saat talk show Germas (atas) dan gerakan makan buah secara bersama-sama (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Sedikitnya 300 warga dan lintas sektoral se Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengikuti Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kerjasama Poltekes Kemenkes Semarang dengan Anggkota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, M.Si dan Badan PPSDM Kesehatan RI di Gedung Serbaguna KP-RI Seneng Rukun Jalan Penentraman, Babakan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Selasa 10 April 2018 siang.

Mengawali sosialisasi Germas yang menghadirkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal itu, dilakukan senam bersama, makan buah bersama dan Talk Show tentang kesehatan masyarakat. Ditengah acara, juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama untuk melaksanakan dan mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Kita semua harus komitmen mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” tutur Dewi Aryani, politisi yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes).

Menurut Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr, Germas harus ditunjang penyediaan penganan sehat dari buah dan sayuran segar. Peningkatan kebugaran dengan melakukan senam peregangan. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Mengembangkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan kerja, tempat pelayanan kesehatan dan institusi pendidikan.

“Kita bersama-sama harus aktif melakukan sosialisasi dan edukasi hidup sehat kepada masyarakat umum. Termasuk melakukan kampanye Germas yang melibatkan organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, dan masyarakat umum,” tutur DeAr.

Sementara Direktur Poltekes Kemenkes Semarang, Warijan, A.Kep, M.Kes mengatakan bahwa tujuan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar hidup sehat. Hal itu untuk mengurangi terjangkitnya penyakit dengan melakukan peningkatan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, dan mendeteksi kesehatan.

“Semoga sosialisasi gerakan hidup sehat ini akan berlanjut, sehingga masyarakat khususnya Kabupaten Tegal akan hidup sehat,” ujarnya.

Programer Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Budi Kristianto, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa kesimpulan Germas adalah upaya bersama seluruh komponen bangsa, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Masyarakat diajak untuk melakukan aktifitas fisik setiap hari.

“Tapi aktivitas fisik ini jangan diartikan sebagai kegiatan olah raga yang membentuk seseorang menjadi atlit, tetapi sebagai aktifitas fisik untuk kesehatan. Kegiatan lainnya untuk menunjang hidup sehat adalah mengatur pola makan yang sehat,” sarannya.

Pada Talk Show yang dibawakan Dewi Aryani, diselingi dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta sosialisasi dari berbagai elemen mengajukan pertanyaan. Solikhin menyarankan agar Germas, sosialisasinya lebih digencarkan lagi sehingga sampai ke pelosok-pelosok desa.

Sedangkan Darmanto, perwakilan dari Desa Dampyak, meminta agar di sesa-desa ada perwakilan atau pelopor untuk sosialisasi Germas. “Dengan adanya perwakilan di desa, masyarakat bisa mengerti gerakan hidup sehat,” katanya.

Menjawab beberapa pertanyaan, Dewi Aryani menjelaskan bahwa sosialisasi Germas menjadi tanggung jawab semua. Perserta sosialisasi bisa menularkan dan mengajari kepada masyarakat lingkunganya, bagaimana cara hidup sehat.

“Bapak dan ibu yang hadir hari ini, untuk menularkan ilmunya, mengajari senam, ngajari hidup sehat, makan buah, makan sayur, sehingga masyarakat akan lebih sehar dan sejahtera.

Soal permintaan ada kader di desa-desa, menurut Dewi Aryani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui perangkat dibawahnya seperti camat, kepada desa dan lainnya bisa membentuk kader-kader tersebut.

“Pemkab bisa mengintruksikan kepada kepada desa bersama-sama dengan Karang Taruna, agar membentuk kader untuk sosialisasi Germas Hidup Sehat,” tegas DeAr.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita