Jumat, 26/01/2018, 04:29:45
Museum Buton Menjadi Destinasi Wisata Purbakala
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tim IBTC saat melakukan kunjungan Museum Buton dan berdiskusi dengan pengelolanya (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Museum purbakala Buton di Bumi Sari Ayu Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dikunjungi tim InBound Tourism Community (IBTC) Jawa Tengah. Kunjungan IBTC bersama para pelaku wisata ini dalam rangka melakukan iventarisasi potensi wisata yang ada di Kabupaten Brebes.

"Tim IBTC datang untuk melakukan identivikasi sekaligus iventarisir potensi wisata Museum Buton ini," ujar H Rafli Rizal pengelola Museum Purbakala Buton kepada PanturaNews.Com, Jumat 26 Januari 2018.

Menurutnya, bersama tim IBTC dilakukan diskusi tentang upaya menjadikan Meseum Buton dapat lebih menarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Hasil diskusi itu akan menjadi acuan untuk pengembangan Museum Buton selanjutnya.

"Cukup banyak masukan yang kita terima untuk pengembangan Museum Buton," ujar H Rizal.

Dikatakan, Museum Buton yang memiliki ribuan potong fosil binatang purba berusia jutaan tahun layak menjadi destinasi wisata. Rencananya akan ada pengembangan lebih lanjut, selain menjadi wisata penelitian juga menjadi wisata sejarah purbakala.

"Kita akan buat paket wisata Sungai Purba, yakni dengan meberikan kesempata wisatawan mengetahui fosil purba juga sekaligus menyusuri jejak-jejak kehidupan binatang purba," terang H Rizal.

Sementara itu, Ketua Tim IBTC Jawa Tengah, Pranoto mengatakan, Meseum Buton sangat layak menjadi destinasi wiasata unggulan di Brebes. Khususnya wisata sejarah dan alam, atau tepatnya wisata ke sungai purba.

"Meseum Buton menjadi salah satu wisata unggulan di Brebes ini," ujarnya.

Kata dia, agar Museum Buton dapat lebih menarik wiasatawan, perlu ada kelengkapan yang disiapkan oleh pengelolanya. Diantaranya, mempersiapkan produknya dan juga paketnya.

"Produk yang ada perlu ditata lebih menarik sesuai kaidah permuseuman, sehingga wisatawan yang datang bukan hanya kagum tapi tertarik pula untuk mempelajarinya," kata Pranoto.

Guide lokal dan nara sumber yang kompeten tentang keberadaan peninggalan zaman purba. Nantinya wisatawan dapat dipandu untuk mendatangi langsung ke lokasi-lokasi penemuan fosil dan sekaligus belajar.

"Ketika kelengkapan itu ada, Museum Buton akan menjadi destinasi wisata yang menarik dan unik," tandas Pranoto.

Perlu diketahui, Museum Purbakala Situs Bumiayu merupakan tempat menyimpan dan memajang benda-benda purbakala berumur jutaan tahun dari situs Bumiayu - Tonjong (Buton). Tepatnya di komplek perumahan Bumi Saru Ayu Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu.

H Rafli Rizal, sebagai pencetus sekaligus koordinator sekelompok masyarakat yang peduli terhadap tinggalan prasejarah di Bumiayu yang dikenal dengan nama Tim Buton, yang telah bersedia dengan suka rela membangun museum purbakala mini tersebut dengan biaya pribadi.

Ratusan bahkan ribuan potong fosil yang berasal dari berbagai daerah di Brebes bagain Selatan kini tersimpan di bangunan permanen museum mini berukuran 8 x 12 meter persegi itu. Fosil-fosil tersebut diperoleh di beberapa aliran sungai di daerah antara wilayah Kecamatan Bumiayu dan Kecamatan Tonjong. Seperti, Sungai Petujah, Sungai Glagah, Sungai Bodas, Sungai Cisaat, Sungai Gintung dan Sungai Kalijurang.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita