Minggu, 19/11/2017, 10:15:07
Posting Ujaran Kebencian kepada Polisi, Ditangkap
Laporan Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Salah seorang pemuda pengguna media sosial (medsos) berinisial “AS” asal Desa Sigombyang, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), memposting ujaran kebencian kepada polisi di medsos Facebook (FB), sehingga diamankan polisi dan dibawa ke Mapolres Brebes.

Dalam postingan yang menghujat institusi Polri ini, sebelumnya beragam komentar telah mengingatkan kepada pemilik akun untuk berhati-hati dalam memposting di medsos. Namun oleh pemilik akun tak diindahkannya, hingga akhirnya “AS” dijemput oleh sejumlah petugas Polsek Sirampog untuk diamankan di Mapolres Brebes.

Kabag Humas Polres Brebes, AKP Radiyanti membenarkan jika “AS” telah diamankan di Mapolres Brebes. “Ya benar “AS” telah kami amankan. Tapi, “AS” telah meminta maaf kepada kami dan kami kembalikan kepada orang tuanya untuk diberi pembinaan,” ujar Radiyanti, Minggu 19 November 2017.

Jauh hari sebelumnya, kata Radiyanti, institusinya telah berulang kali untuk menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan medsos, seperti Facebook dengan santun.

“Apalagi jika postingan medsos yang ditulis memiliki unsur ujaran kebencian,  maka bisa dijerat dengan pasal UU ITE,” terangnya.

Saat ini, lanjut dia, Polres Brebes telah membentuk “Cyber Patrol” atau patroli dunia maya, yang dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik, akibat adanya provokasi ataupun ujaran kebencian yang dilakukan pengguna medsos.

Sementara, saat dimintai keterangan di depan polisi, AS” mengaku tidak pernah bermasalah dan dirugikan oleh polisi. Namun apa yang ditulis di medsos, hanyalah sekedar iseng tanpa adanya maksud apapun.

"Saya hanya iseng saja. Saya minta maaf dan tidak akan mengulangi lagi,” tuturnya.

Setelah memberikan penjelasan kepada polisi, “AS” kemudian membacakan pernyataan sikapnya, untuk meminta maaf kepada semua jajaran kepolisian dan berjanji akan lebih berhati-hati dalam memposting di medsos.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita