Rabu, 15/11/2017, 05:49:54
Bencana Alam Jadi Perhatian Penyelenggaraan Pilgub
Laporan Zaenal Muttaqin

Rakor menghadapi Pilgub dan Pilpres digelar di Hotel Anggraeni, Kecamatan Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Masalah bencana alam menjadi perhatian dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) dan Pilpres. Pasalnya, bencana dapat menjadi gangguan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) dan Pilpres, bahkan dapat menjadi konflik.

Hal itu mengemuka saat digelar Rapat Koordinasi (Rakor) menghadapi Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) dan Pilpres di Hotel Anggraeni, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 15 November 2017.

"Masalah kerawanan bencana alam menjadi perhatian karena hal itu juga dapat menimbulkan gangguan dalam penyelenggaraan Pilgub maupun Pilpres," kata Ketua Panwaskab Brebes Wakro SIP.

Menurutnya, hal yang dibahas terkait titik kerawanan bencana alam di Kabupaten Brebes, baik bencana longsor maupun banjir. Berdasarkan pengalaman yang lalu sudah dilakukan pemetaan daerah mana saja yang rawan akan bencana banjir dan longsor.

"Khusus untuk wilayah Brebes bagian selatan, kerawanannya pada bencana longsor. Hal itu dikarenakan daerah selatan banyak terdapat bukit," kata Wakro.

Pemetaan itu bertujuan untuk melihat kesiapan tentang distribusi logistik saat Pilgub atau pilpres. Saat ini Panwaskab berkoordinasi dengan KPU Brebes sedang memverifikasi seluruh Partai Politik (Parpol).

Sementara itu, KBO Intel Polres Brebes, Ipda Susanto Agus Priyono mengungkapkan, Kabupaten Brebes menduduki peringkat pertama untuk Indeks Kerawanan Pemilu (IKP). Jumlahnya IKP mencapai 2.001.

"Secara nasional, kabupaten atau kota di Jateng tidak termasuk daerah yang mempunyai kerawanan tinggi. Namun data tersebut sebagai acuan tindakan kepolisian di lapangan,"katanya.

Dijelaskan, untuk Pilgub dan Pemilu, personil keamanan yang disiapkan total berjumlah 1.289, 833 dari Polri dan 456 dari TNI.

"Nanti apabila dibutuhkan penambahan personil, kita siap BKO-kan dari Polda," katanya.

Rakor yang dimoderatori M Ma'ruf juga menghadirkan Atik Cahyani, Kasi Linmas Satpol PP Brebes sebagai pembicara. Rakor diikuti para Panwascam, Camat, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Brebes.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita