Jumat, 10/11/2017, 03:32:15
Generasi Muda Harus Meneladani Pahlawan Bangsa
Laporan Zaenal Muttaqin

Nasikun SH, saat berbicara di hadapan siswa-siswa SMA Negeri 1 Sirampog (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Generasi muda agar selalu mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari para penjajah bangsa ini. Hal itu dipesankan oleh anggota DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Nasikun SH kepada para siswa di SMA Negeri 1 Sirampog, Jumat 10 November 2017.

"Jasa para pahlawan harus selalu dikenang, tidak hanya tiap tanggal10 November sebagai peringatan hari pahlawan saja, tetapi harus mengingatkan akan semangat perjuangan para pahlawan," katanya.

Ironisnya generasi muda saat ini ada yang melupakan jasa pahlawan. Ketika jasa pahlawan terlupakan, berakibat penanaman nilai kepahlawanan semakin jarang dikenal generasi muda. Justru sebaliknya generasi muda kini disodori dengan sikap-sikap kontradiktif yang sangat berbeda dengan jiwa dan semangat para pejuang dahulu.

"Anak muda tampak mudah sekali bangkit emosi sesaat yang menimbulkan dampak negatif seperti perkelahian antara pemuda. Perilaku tersebut jelas jauh dari cerminan nilai kepahlawanan," ungkap Nasikun politisi dari PDI Perjuangan asal Kecamatan Sirampog ini.

Hal tersebut sangat berbeda pada zaman dahulu, para pejuang dengan penuh keberanian dan pengorbanan membela kebenaran melawan penjajah. Tidak hanya jiwa, raga. Bahkan hartanya tanpa perhitungan dipersembahkan untuk ibu pertiwi demi memperjuangkan kemerdekaan.

"Generasi muda termasuk para pelajar harus meneladani dan meneruskan perjuangannya dan menjadi pahlawan masa kini. Tidak mesti berperang namun menjadi manusia yang peduli sesamanya," ungkap Nasikun yang juga ketua Frkasi PDI Perjuangan di DPRD Brebes ini.

Dikatakan, keteladanan patriotisme dan rela berkorban adalah hal yang perlu dilakukan. Patriotisme adalah mempunyai jiwa pemenang, berjuang dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Rela berkorban, tidak mengharapkan imbalan apapun melainkan rela melakukan apapun dengan ketulusan hati membantu demi kemajuan bersama.

"Peduli sesama yang masih berada pada kebodohan agar mampu keluar dari kebodohan tersebut. Meski tidak mudah mengajak sesama keluar dari kebodohan tersebut namun dengan penuh semangat dan pantang menyerah lambat laun akan berhasil," tutur Nasikun.

Diungkapkan, bangsa ini sangat membutuhkan para pahlawan masa depan yang berjiwa patriotisme dan rela berkorban. Rela tanpa menyerah, tanpa mengharap imbalan dan mengabaikan sanjungan apapun untuk menghentikan kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di negeri ini.

"Pahlawan masa kini ialah pahlawan yang selalu mengutamakan kejujuran dan pemberani demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat banyak. Yang juga mampu bertindak sesuai nilai moralitas kepahlawanan yang telah diwujudkan para pahlawan," tandasnya.

Kedatangan Nasikun di SMA Negeri 1 Sirampog memenuhi undangan dalam rangka Semarak HUT yang ke 9. Pada kesempatan tersebut sempat dilakukan kuis-kuis pertanyaan kepada para siswa seputar Hari Pahlawan. Nampak mendapinginya Kepala SMA Negeri 1 Sirapog, Yuniarso Amirudin SPd MSi, dan hadir pula Kepala SMA Negeri 1 Sirampog yang pertama, Edi Wahyudi MPd.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita