Sabtu, 17/06/2017, 12:33:26
Pancasila Harus Diamalkan pada Kehidupan Sehari-hari
Laporan SL Gaharu

Dear dengan tajam menjelaskan tentang Pancasila saat sosialisi 4 Pilar di Suradadi, Kabupaten Tegal (Foto: Erin)

PanturaNews (Tegal) - Pancasila sebagai salah satu pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki konsep, prinsip dan nilai yang merupakan kristalisasi dari belief system yang terdapat di seantero wilayah Indonesia. Sehingga, Pancasila memberikan jaminan kokoh kuatnya sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu dikatakan Anggota MPR RI, Hj. DR. Dewi Aryani saat sosialisi 4 Pilar Kebangsaan di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat 16 Juni 2017 sore.

Sosialisasi yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama itu, dihadiri lebih dari 200 orang yang terdiri dari Kepala Desa, perangkat desa, karyawan RSUD Suradadi dan masyarakat dari desa-desa se Kecamatan Suradadi.

Menurutnya, 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI harus dipahami secara benar, dan diimplementasikan dengan sungguh-sunggung. Pemahaman dan implementasi terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar harus selalu ditumbuh kembangkan.

“Pancasila sebagai dasar negara sangat penting untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Hj Dewi Aryani yang akrab disapa Dear.

Politisi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes) menegaskan bahwa Pancasila dinilai memenuhi syarat sebagai pilar bagi negara-bangsa Indonesia yang pluralistik dan cukup luas. Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia.

“Sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengandung konsep dasar yang terdapat pada segala agama dan keyakinan yang dipeluk atau dianut oleh rakyat Indonesia,” terangnya.

“Sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan,” harap Dear.

Dear menegaskan, mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan terus menerus, akan memupuk rasa toleransi diantara masyarakat. Mengimplementasikan Pancasila, misalnya ikut serta dalam menjaga keamanana dan ketertiban, bersatu jika ada bencana yang datang, gotong royong dan saling tolong menolong.

Pada akhir acara dibelum buka puasa bersama, DeAr juga membagi-bagikan hadiah jam dinding, mug dan lainnya kepada masyarakat yang bisa menjawab pertanyaan seputar Pancasila.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita