Rabu, 22/02/2017, 09:12:47
Pasangan Calon Suswono-Aim Tolak Hasil Rekapitulasi KPU
Laporan Takwo Heriyanto

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar rapat pleno terbuka, dengan agenda rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes di Gedung Korpri Brebes, Rabu 22 Februari 2017.

Dari hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes itu, pasangan calon (Paslon) Bupati- Wakil Bupati Nomor 2, Hj. Idza Priyanti dan Narjo, unggul telak atas paslon nomor 1, Suswono dan Ahmad Mustaqin (Aim).

Diketahui, paslon nomor 1 yang merupakan petahana itu, memperoleh sebanyak 548.621 suara dari jumlah surat suara sah sebanyak 818.657 atau 67,2%. Sedangkan, paslon Suswono dan Mustaqin, hanya meraih sebanyak 270.036 suara atau 32,98% dari jumlah suara yang sah tersebut.

Namun demikian, atas rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes itu, saksi paslon nomor 1 menolak untuk menandatangi berita acara tersebut.

"Alasannya saya menolak untuk menandatangi berita acara ini, karena banyaknya pemilih tapi tidak mendapat undangan sebagai pemilih," ujar saksi dari paslon nomor 1, Suswono dan Ahmad Mustaqin, Imam usai acara tersebut.

Selain itu, kata Imam, pihaknya menolak untuk menandatangi berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Brebes, karena dinilai adanya perubahan-perubahan hasil suara, seperti dari C1, namun tidak konfirmasi terlebih dahulu dengan Panwas setempat serta pihak terkait lainnya.

"Intinya kami memberikan catatan-catatan," ungkap Imam tanpa adanya jawaban tegas untuk menerima atas rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Brebes ini.

Pihaknya hanya berharap dengan catatan-catatan itu, semoga ajang Pilkada Brebes di masa yang akan datang akan lebih baik lagi, termasuk tingkat partisipasinya juga tinggi.

"Kami belum tahu, apakah nanti dari pihak Paslon nomor 1 sendiri akan menggugat atau tidak. Yang jelas, kami memberikan catatan-catatan seperti yang tadi sudah disampaikan," ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi mengatakan, kendati saksi dari paslon 1 itu menolak untuk menandatangi berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Brebes, namun tidak akan berpengaruh atas rekapitulasi hasil penghitungan suara tersebut.

"Ya, tidak akan berberpengaruh atas rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes ini. Dan Alhamdulillah Pilkada Brebes ini dapat berjalan dengan aman dan lancar," jelas Riza.

Adapun hadir dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes, selain dari unsur komisoner KPU, juga Panwas Kabupaten Brebes. Hadir pula anggota PPK di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

Termasuk dari jajaran Forkompinda Kabupaten Brebes, seperti Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti yang diwakili Asisten 1 Setda Pemkab Brebes, H. Athoillah, Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistyawan, Dandim 0713/Brebes  Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono dan pihak-pihak terkait.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita