Kamis, 12/01/2017, 02:28:15
Rekontruksi, Pembunuh Roinah Lakukan 17 Adegan
Laporan Zaenal Muttaqin

Tersangka (duduk tengah) saat memeragakan adegan pencekikan pada korban yang diperagakan oleh pemeran pengganti (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Polres Brebes, Jawa Tengah, menggelar rekontruksi kasus pembunahan Siti Roinah (35), di lokalisasi liar Ciregol, Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Kamis 12 Januari 2017.

Darto alias Dika (25) tersangka pembunuhan Siti Roinah tersebut, di hadapan petugas penyidik baik dari Polres maupun Kejaksaan Brebes, melakukan 17 adegan dengan cukup lancar.

Saat rekontruksi Darto alias Dika yang warga Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan itu, melakukan adegan mulai dari pertama kali datang ke lokalisasi Ciregol bersama korban. Hingga terjadi pembunuhan dan tersangka kemudian kabur meninggalkan korban di dalam kamar.

Pada rekontruksi tersebut terungkap, tersangka menghabisi korban karena kalap setelah menanyakan kepada korban tentang hutang korban pada Primkoveri dengan jaminan BPKB milik tersangka. Korban marah pada tersangka dan memutuskan hubungannya dengan tersangka yang tidak lain merupakan suami sirinya.

Kapolres Brebes, AKBP Luthfie Sulistiawan melalui Kanit 1 Sat Reskrim Polres Brebes, Iptu Triyanto mengatakan, motif pembunuhannya karena tersangka yang meminjamkan BPKB kepada korban untuk meminjam uang pada Primkoveri. Saat tersangka menagihnya, korban justru mencaci maki dan memutuskan hubungan, tidak mau menjalin pacaran.

"Pelaku kalap sehingga mencekik dan menutup hidung dan mulut korban sampai akhirnya meninggal dunia," ujarnya.

Menurutnya, tersangka diancam hukuman penjara selama 20 tahun. Tersangka telah lama menjalin hubungan atau pacaran dengan korban yang juga sebelumnya berprofesi sebagai penghuni lokalisasi liar Ciregol.

"Setelah melakukan pembunuhan tersangka sempat kabur dan menghilang," ujar Triyanto.

Belakangan tersangka ditangkap ketika akan menyerahkan diri ke Polsek Paguyangan.

Perlu diketahui, sebelumnya Siti Roinah (35) ditemukan tewas di dalam kamar di lokalisasi Ciregol Desa Tonjong, Jumat 16 Desember 2016 lalu. Korban merupakan warga Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong itu tewas dengan kondisi mulut dan leher membiru, akibat kekerasan dan cekikan.

Roinah diketahui meninggal setelah penghuni Ciregol lainnya curiga, karena sudah siang tapi tidak kelihatan keluar dari kamarnya. Sehingga ada yang memberanikan diri masuk kamar, ternyata Roinah dalam keadaan terlentang tak bernyawa.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita