Kamis, 12/01/2017, 12:25:18
Lolos Seleksi, 3 Perangkat Desa Slatri Dilantik
Laporan Takwo Heriyanto

Tiga perangkat Desa Slatri foto bersama usai dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kades setempat.(Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Tiga perangkat Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilantik dan diambil sumpahya oleh Kepala Desa (Kades) setempat, Danu Widako, Kamis 11 Januari 2016.

Mereka dilantik setelah sebelumnya mengikuti proses seleksi melalui tes, yang dilakukan oleh panitia seleksi perangkat desa. Ketiga perangkat desa yang dilantik dengan didampingi istrinya masing-masing itu, yakni Dedi Sunarto, Agus Fauzin dan Herry Purwanto.

Hadri dalam kesempatan itu, selain dari unsur BPD Desa Slatri, juga anggota DPRD Brebes daerah Pemilihan, Kecamatan Larangan, dan Bantarkawung, Heri Fitriansyah.

Hadir pula anggota DPRD Provinsi Jateng Dedy Yon Supriyono, Camat Larangan, Kapolsek Larangan dan Danramil Larangan serta pihak-pihak terkait.

Kades Slatri Danu Widako dalam sambutannya mengatakan, agar tiga Perangkat Desa yang baru dilantik itu bisa menjaga amanah.

“Tugas dan tanggung jawab Perangkat Desa sangat besar. Terlebih-lebih saat ini, yakni setelah ditetapkannya Undang-Undang Desa. Ada kewenangan besar. Ada anggaran besar. Perangkat Desa harus bisa menjaga amanah dalam melaksanakan tugasnya,” ujarnya.

Pelantikan dilakukan dengan penuh khidmat dan sederhana. Adapun, dalam pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap tiga perangkat desa Slatri itu, Dedi Sunarto mengisi jabatan sebagai Sekretaris Desa, Agus Fauzin sebagai Kaur Keuangan dan Herry Purwanto sebagai Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan.

Usai dilantik, salah satu perangkat desa yang dilantik, Dedi Sunarto mengaku siap mengemban amanah masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Insya Allah saya siap mengemban amanah sebagai Sekdes dengan sebaik-baiknya demi peningkatan pelayanan yang baik pula kepada masyarakat Desa Slatri," singkatnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Brebes Heri Fitriansyah, yang berkesempatan hadir dalam kegiatan itu, mengatakan, sejatinya di Pemerintahan Desa Slatri ada kekosongan perangkat desa hingga 10 orang.

"Namun demikian, dari 10 yang disulkan ke Pemkab Brebes melalui Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Brebes, hanya merekomendasikan tiga perangkat desa. Alasannya adalah keuangan daerah untuk membayar honor mereka cukup terbatas," tutur Heri.

Padahal, lanjut Heri, pengisian perangkat desa yang kosong sangat penting untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita