Rabu, 07/12/2016, 07:03:13
Prajurit Korem Latihan Rutin Yong Moodo
Laporan SL Gaharu

Para prajurit Korem Wk saat latihan Yong Moodo di Lapangan Upacara Makorem, Sokaraja (Foto: Didi)

PanturaNews (Banyumas) - Untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan  bela diri, prajurit Korem 071/Wk melaksanakan latihan bela diri Yong Moodo, di Lapangan Upacara Makorem 071/Wk Jalan Gatot Subroto, Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu 07 Desember 2016.

Latihan bela diri Yong Moodo prajurit Korem 071/Wk dilaksanakan rutin setiap Rabu secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut dengan tujuan meningkatkan kemampuan teknik-teknik dasar bela diri Yong Moodo. Bela diri ini mengedepankan ketepatan, kekuatan dan kecepatan.

“Dengan latihan secara rutin, diharapkan para prajurit dapat memiliki kemampuan fisik yang prima, profesional dan percaya diri dalam melaksanakan tugas,” ujar Komandan Korem (Danrem) 071/Wk, Kolonel Inf Suhardi.

Menurutnya, Yong Moodo merupakan gabungan dari bela diri Judo, Taekwondo, Apkido, Sirum dan Hon Sin Sul. Materi latihan sikap Kibon Sogi, Kodgi (dasar langkah), Nakkob (jatuhan), Jumok (pukulan), Balchagi (tendangan), Sonkisul (kuncian), Momkisul (bantingan).

Dikatakan Danrem, latihan bela diri Yong Moodo ini untuk meningkatkan kemampuan prajurit. Teknik dasar mengedepankan kekuatan dan kecepatan untuk bertarung jarak dekat. Latihan ini, juga untuk mengasah kemampuan diri setiap prajurit, sehingga setiap prajurit dapat menjadi benteng pertahanan dan menambah kepercayaan diri dalam melaksanakan tugasnya.

Danrem juga berharap, agar latihan dilaksanakan dengan semangat dan sungguh-sungguh serta tetap untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan personel. Karena dalam setiap gerakan, apabila salah dapat mengakibatkan cidera serius. Untuk itu, perhatikan dan ikuti petunjuk dan instruksi pelatih dengan seksama, agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada diri prajurit.

"Satu hal penting bagi prajurit, dengan mengikuti Yong Moodo ini dapat melatih pengendalian diri dan emosi. Karena itu pahami dan hayati teknik dasar bela diri ini, dan gunakan hanya untuk situasi dan kondisi yang benar," ungkap Kolonel Inf Suhardi.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita