Jumat, 02/09/2016, 12:21:48
Beri Cek Palsu, Kades Diganjar 18 Bulan Penjara
Laporan Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Jawa Tengah, memvonis Kepala Desa (Kades) Kramat, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, 18 bulan penjara. Kades menipu, yakni dengan memberikan cek palsu untuk membayar.

Kades yang bernama Ade Martian (36) ini, diganjar kurungan 1 tahun 6 bulan penjara, akibat perbuatannya yang melakukan tindak penipuan terhadap distributor pupuk dan obat-obatan pertanian milik Retno Sari, warga Desa Ciampel, Kecamatan Kersana. Jaksa Penuntut Umum, menuntut Kades 2 tahun penjara.

"Terdakwa secara sah dan menyakinkan bersalah, karena telah melakukan tindak pidana penipuan. Terdakwa saya vonis 1 tahun dan 6 bulan penjara dipotong masa tahanan,” kata Ketua Majelis Hakim PN Brebes, Edi Junaidi SH, kemarin.

Menurutnya, pihak distributor percaya karena terdakwa menjabat Kades Kramat. Namun setelah barang dipesan dan menunggu lama, akhirnya terdakwa membayar dengan cek.

Akan tetapi setelah dek hendak dicairkan oleh korban, ternyata isinya kosong. Mengetahui ditipu, akhirnya korban melaporkan ke pihak kepolisian.

“Akibat perbuatan terdakwa, korban mengalami kerugian sebesar Rp 223 juta," timpal Jaksa Penuntut Umum Ardiansyah SH.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita