Minggu, 13/03/2016, 06:57:33
Formatur Pemilihan Ketua PAN Kota Tegal Deadlock
Laporan SL Gaharu

Musda Ke-4 PAN Kota Tegal digelar di Plaza Hotel Kota Tegal (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Dari 14 nama yang diajukan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tegal ke DPW PAN Jawa Tengah, empat kader direkomendasi menjadi calon ketua yaitu Harun Abdi Manaf, Nur Fitriani, Tuty Awaliyah dan Warjo Raharjo.

Keempatnya selanjutnya menjadi anggota formatur ditambah satu utusan dari DPW, untuk menentukan Ketua DPD PAN Kota Tegal. Namun rapat formatur yang ditunggu-tunggu ternyata deadlock, tidak bias mengambil keputusan.

Pemilihan Ketua DPD PAN Kota Tegal pada Musrawarah Daerah (Musda) IV Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tegal, Minggu 13 Maret 2016 di Plaza Hotel Tegal yang rencananya digelar pukul 13.30 WIB, sempat molor hingga sore. Pada pukul 16.00 WIB, empat nama yang mendapatkan rekomendasi baru diumumkan.

Selanjutnya pada pukul 16.25 WIB, formatur yang terdiri Harun Abdi Manaf, Nur Fitriani, Tuty Awaliyah dan Warjo Raharjo, ditambah utusan dari DPW PAN Jawa Tengah, Aksin Makruf mulai melakukan rapat formatur untuk menentukan secara musyawarah mufakat Ketua PAN Kota Tegal periode tahun 2016 - 2021.

Rapat formatur baru selesai sekitar pukul 16.45 WIB, dan kelima anggota formatur keluar ruangan dengan wajah lesu menuju ke ruang rapat utama. Setelah semua perserta siap mendengaarkan keputusan hasil rapat formatur, utusan dari DPW PAN Jawa Tengah, Aksin Makruf pun mengumumkan didampingi empat anggota lainnya.

“Karena tidak mencapai kata musyawarah mufakat, maka keputusan untuk menentukan Ketua PAN Kota Tegal, diserahkan ke DPW PAN Jawa Tengah. Untuk waktunya, keputusan akan diumumkan maksimal 14 hari,” ujar Aksin.

Harun Abdi Manaf yang disebut-sebut beberapa perserta Musda sebagai calon kuat, mengatakan dalam rapat formatur tidak ada keputusan musyawarah mufakat menentukan Ketua DPD PAN Kota Tegal. Karena tidak adanya kesepakatan, maka keputusan diserahkan kepada DPW PAN Jawa Tengah.

“Jika dalam rapat formatur ada satu orang yang tidak sepakat, maka tidak bias diambil keputusan. Jadi sesuai dengan mekanismenya, keputusan diserahkan ke DPW,” ujar Harun Abdi Manaf yang ditemui usai Musda.

Sementara Boy Arfiyanto yang masuk dalam 14 nama yang diajukan ke DPW, merasa legowo meski tidak memperoleh rekomendasi. Terkait deadlocknya tim formatur tidak menghasilkan keputusan, dia sangat menyayangkan karena untuk keputusan siapa Ketua DPD PAN Kota Tegal, harus menunggu beberapa hari ke depan.

“Mudah-mudahan DPW cepat memutuskan siapa Ketua DPD PAN Kota Tegal, yang selanjutnya bias menentukan siapa-siapa yang masuk jajaran pengurus,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, 14 nama calon Ketua DPD PAN Kota Tegal yang diajukan ke DPW PAN Jawa Tengah, pada Musrawarah Daerah (Musda) IV Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Tegal, Jawa Tengah, tinggal menunggu siapa saja yang direkomendasi DPW untuk menjadi formatur calon Ketua DPD PAN Kota Tegal periode tahun 2016 - 2021.

“Kalau DPW PAN Jawa Tengah memberikan rekomendasi lebih dari empat nama, maka ada kemungkinan akan dilakukan voting. Tapi kalau hanya merekomendasi empat nama saja, maka langsung dilakukan rapat formatur untuk mencapai musyawarah mufakat,” kata Sekretaris DPD PAN Kota Tegal, Moh. Mizan usai pembukaan Musda IV PAN Kota Tegal di Plaza Hotel Tegal, Minggu 13 Maret 2016 pukul 11.00 WIB.

Dijelaskan Mizan, dari empat nama yang direkomendasi DPW ditambah satu nama dari DPW, akan melakukan rapat formatur untuk menentukan dua ketua, yakni Ketua DPD dan Ketua MPPD PAN Kota Tegal.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita