Senin, 18/05/2015, 07:19:26
Rakercab, PDIP Canangkan Program Lima Mantap
Laporan Riyanto Jayeng

Rakercab I DPC PDI Perjuangan Kota Tegal dan Musrenbang di Hotel Plaza (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Tegal, Jawa Tengah, canangkan program 5 mantap sebagai penjabaran dari program kerja tahunan partai. Kelimanya adalah mantap Ideologi, mantap organisasi, mantap kader, mantap program dan mantap sumber daya. Hal itu disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tegal, H Edy Suripno SH MH dalam orasinya saat pembukaan acara Rapat Kerja Cabang (Rakercab) I DPC PDI Perjuangan di Hotel Plaza Kota Tegal, Minggu 17 Mei 2015.

Edy Suripno yang akrab disapa Uyip mengatakan, kelima program itu merupakan implementasi dari garis ideology Pancasila 1 Juni 1945 dan berprinsip pada ajaran Tri Sakti Bung Karno. Kongres PDI Perjuangan ke 4 yang digelar di Bali 9-12 April 2016 lalu, telah memutuskan agar gerak partai PDI Perjuangan menggunakan konsep revolusi mental sebagai ‘Gerakan Hidup Baru’

“Gerakan Hidup Baru harus tercermin di tubuh PDI Perjuangan. Ciptakan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor yang mampu membangun kesadaran politik rakyat, mengorganisir rakyat dan memimpin perjuangan rakyat,” kata Uyip.

Uyip mengungkapkan, kelima program tersebut terbagi menjadi 3 sasaran pokok, yaitu internal partai yang tujuannya untuk membangun kekuatan politik partai (macht-vorming). Kedua, ke dalam pemerintahan yang bertujuan mendayagunakan kekuasaan pemerintahan (macht-annweding) dan terakhir adalah untuk pergerakan rakyat dengan tujuan mempertajam fungsi partai sebagai kekuatan yang efektif dalam menggalang dan memimpin pergerakan rakyat.

“Program mantap ideology di tahun 2015, mantap organisasi di tahun 2016, mantap kader di tahun 2017, mantap program di tahun 2018 dan mantap sumber daya partai di tahun 2019. Program 5 mantap itu harus tercapai semua dalam 5 tahun ke depan,” ujar Uyip.

Sementara, dalam sambutan politiknya, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan, Jawa Tengah, Bambang Hariyanto Baharudin menegaskan, pada prinsipnya hakikat dari Gerakan Hidup Baru yang digelorakan oleh PDI Perjuangan adalah agar setiap kader partai mampu menjadi jembatan untuk menghadirkan partai politik ke tengah-tengah kepentingan rakyat. Pada kesempatan yang sama, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI, Damayanti Wisnu Putranti SIP memaparkan, bahwa setiap usulan aspirasi pembangunan yang disampaikan melalui anggota Fraksi merupakan PR bagi tiap anggota Fraksi untuk memperjuangkannya agar terealisasi.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita