Jumat, 09/01/2015, 04:37:11
Budidaya Udang Vaname Makin Menjanjikan
Laporan Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan panen raya udang vaname yang selama ini dibudidayakan. Dari total 12 anggota yang mengembangkan udang vaname hasilnya rata-rata memuaskan. Dari lahan seluas 3.000 meter persegi milik satu anggota, bisa panen 157,5 kg dengan harga Rp 52.500/ kg.

"Hampir semua petambak disini, saat ini mengembangkam budidaya udang vaname karena memang hasilnya menjanjikan. Bahkan, kini banyak warga yang membuka lahan tambak baru untuk udang vaname ini, termasuk anggota kelompok kami," ujar pengurus Kelompok Tani Mekar Jaya Berkah, Akhmad Zaeni, Jumat 9 Januari 2015.

Zaeni mengatakan, panen raya yang dilaksanakan kelompoknya hasilnya sangat memuaskan. Dari setiap lahan tambak yang rata-rata luasanya 3.000 meter persegi, bisa menghasilkan antara 110 kg - 200 kg. Sedangkan harga jualnya mencapai Rp 52.500/ kg.

"Sebelumnya lahan kami ini tidak produktif. Untuk budidaya ikan atau udang windu tak pernah menghasilkan. Tapi, setelah udang vaname hasilnya bagus," terangnya.

Dia menambahkan, kendala budidaya udang vaname itu hanya pada cuaca dan kondisi air. Ketika kondisi air buruk, petani masih bisa menikmati hasil dengan panen dini. Sehingga, tidak mengalami rugi yang besar. "Risiko untuk budidaya udang vaname ini juga kecil. Kalau tambak tidak baik, bisa langsung dipanen dini, meski hasilnya kurang maksimal," pungkasnya.

Menurut dia, udang vaname itu kini memang sedang dikembangkan di desanya. Sehingga, hampir seluruh petambak membudidayakan udang jenis tersebut. Apalagi, Bupati Brebes melalui Dinas Kelautan dan Perikanan sangat perhatian dengan memberikan bantuan bibit dan obat-obatan.

"Tahun ini, setiap anggota kami mendapatkan bantuan dari Pemkab sebanyak 30.000 ekor benur vaname, pakan udang 100 kg, obat-obatan 10 kg dan vitamin 4 botol. Bagi kami ini sangat membantu dan berterimakasih karena bisa meningkatkan kesejahteraan petambak," paparnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita